Alamat : Jl. Raya Timur No.139, Panjalu - Kabupaten Ciamis 46264 | Tlp. (0265) 450185 - Email. smpn.1panjalu@yahoo.co.id
Papan Informasi/Pengumuman
PPDB Semi Online

Upd: Kamis, 28 Juni 2018 | 03:51 WIB
Pendaftaran PPDB Semi Online akan dilaksanakan pada tanggal 2 - 4 Juli 2018 mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB. Seluruh Calon Peserta Didik Baru Kelas VII ...
PPDB Tahun Pelajaran 2018/2019

Upd: Kamis, 28 Juni 2018 | 00:38 WIB
:: PENGUMUMAN :: Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru ke SMP Negeri 1 Panjalu akan dibuka pada tanggal 2 - 4 Juli 2018 dengan melengkapi DATA PRIBADI ...
Follow Medsos

Upd: Jumat, 9 Juni 2017 | 00:15 WIB
Twitter : @SMPN1PANJALU Fans Page FB : @SMPN1PANJALU FB Grup : SMPN 1 PANJALU (SMPN Panjalu) IG : @SMPN1PANJALU ...
Agenda Kegiatan Terbaru
Akreditasi sekolah dilaksanakan pada tanggal 18 - 19 Juli 2014 oleh Tim Asesor : Ibu ... Tanggal : 18/07/2014
Tempat  : SMPN 1 Panjalu
PPDB SMPN 1 Panjalu tahun pelajaran 2014/2015 : 1. Pendaftaran : 30 Juni - 4 ... Tanggal : 01/07/2014
Tempat  : SMPN 1 Panjalu
Agenda Selengkapnya..>>
Login
      NIS./ID :
      Password :
      Sebagai : Siswa / Guru
       Register |
Web Link Pendidikan
Statistik Pengunjung
          Online : 3 orang
          Hari ini : 5 visitor baru, 1 hit
          Visitor : 18910 visit, 1 hit
          Pages : 10668 kali




TUJUAN PENDIDIKAN
A. Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan SMPN 1 Panjalu adalah sesuai dengan tujuan pendidikan menengah, yaitu meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk mampu hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.


B. Visi Sekolah
Visi adalah wawasan yang menjadi sumber arahan bagi sekolah dan digunakan untuk memandu perumusan misi sekolah. Dengan kata lain, visi adalah pandangan jauh ke depan kemana sekolah akan dibawa.
Dengan demikian visi SMP Negeri 1 Panjalu, sebagai gambaran masa depan yang diinginkan agar sekolah yang bersangkutan dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangannya adalah “Unggul dalam Prestasi, Berwawasan Lingkungan dan Berbudaya Islami.”


C. Misi Sekolah
Berlandaskan pada pengertian misi, yaitu tindakan untuk mewujudkan/merealisasikan visi, adapun penjabaran dari Visi tersebut, telah dirumuskan 5 (lima), yaitu:

  1. Menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah secara intensif.
  2. Mengefektifkan pembelajaran dan bimbingan sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
  3. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya dan meyakinkan bahw potensi itu dapat dikembangkan secara optimal melalui belajar dan latihan yang baik dan rutin.
  4. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah, dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (stakeholders).
  5. Menumbuhkan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan terhadap ajaran agama Islam yang dianutnya, sehingga menjadi dasar kearifan di dalam bertingkah laku.


D. Tujuan Sekolah
Bertolak dari visi dan misi, tentang apa yang akan dicapai/dihasilkan oleh sekolah dan kapan tujuan akan dicapai. Selanjutnya SMP Negeri 1 Panjalu merumuskan tujuan sebagai tahapan wujud sekolah menuju visi yang telah dicanangkan sebagai berikut:

  1. Pada tahun pelajaran 2013/2014, rata-rata nilai UN mencapai minimal 6,00.
  2. Pada tahun pelajaran 2013/2014, proporsi lulusan yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi 50%, sekolah unggul minimal 30%.
  3. Pada tahun pelajaran 2013/2014, memiliki tim bola voli, basket bal, sepak bola, atletik yang terpilih menjadi angota tim inti tingkat kabupaten untuk mengikuti kejuaran yang lebih tinggi.
  4. Pada tahun pelajaran 2013/2014, memiliki tim olah raga (bola voli, basket bal, sepak bola, atletik) minimal 3 cabang dan mampu menjadi finalis tingkat kabupaten.
  5. Pada tahun pelajaran 2013/2014, memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten dan dan mampu menjadi finalis tingkat kabupaten.
  6. Pada tahun pelajaran 2013/2014, memiliki tim OSN, O2SN yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten dan mampu menjadi finalis tingkat kabupaten.
  7. Pada tahun pelajaran 2013/2014, memiliki tim keagamaan yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten dan mampu menjadi finalis tingkat kabupaten.


STRUKTUR DAN MUATAN KTSP
A.
Struktur KTSP

Struktur dan muatan KTSP SMPN 1 Panjalu sebagaimana yang tertuang dalam Standar Isi (SI) meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
(1) Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
(2) Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
(3) Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
(4) Kelompok mata pelajaran estetika
(5) Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19/2005 Pasal 7


B. Muatan KTSP
Muatan KTSP SMPN 1 Panjalu meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.


1. Mata pelajaran
Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan landasan keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban belajar melalui metode dan pendekatan tertentu. Mata pelajaran beserta alokasi waktu untuk masing-masing tingkat satuan pendidikan berpedoman pada struktur kurikulum yang tercantum dalam Standar Isi.
Berlandaskan arahan tersebut, berikut mata pelajaran beserta alokasi waktu untuk masing-masing tingkat di SMP Negeri 1 Panjalu:

Tabel 1 DAFTAR MATA PELAJARAN SERTA ALOKASI WAKTU UNTUK MASING-MASING TINGKAT
DI SMP NEGERI 1 PANJALU TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mata Pelajaran Kelas dan Alokasi Waktu
VII VIII IX
1. Pendidikan Agama Islam 2 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4
4. Bahasa Inggris 4 4 4
5. Matematika 4 4 4
6. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
8. Seni Budaya 2 2 2
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan 2 2 2
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2
                                                 Jumlah
30
30
30


2. Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan. Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga satuan pendidikan harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester. Ini berarti bahwa dalam satua tahun satuan pendidikan dapat menyelenggarakan dua mata pelajaran muatan lokal.
Berlandaskan arahan tersebut, berikut muatan lokal beserta alokasi waktu untuk masing-masing tingkat di SMP Negeri 1 Panjalu.

Tabel 2 DAFTAR MUATAN MULOK SERTA ALOKASI WAKTU UNTUK MASING-MASING TINGKAT
DI SMP NEGERI 1 PANJALU TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mata Pelajaran Kelas dan Alokasi Waktu
VII VIII IX
1. Mulok Bahasa Sunda 2 2 2
2. Tata Boga 1 1 1
Jumlah 3 3 3


3. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan keparamukaan, kepemimpinan, dan kelompok ilmiah remaja. Khusus untuk sekolah menengah kejuruan pengembangan diri terutama ditujukan untuk pengembangan kreativitas dan bimbingan karier.
Pengembangan diri untuk satuan pendidikan khusus menekankan pada peningkatan kecakapan hidup dan kemandirian sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran. Penilaian kegiatan pengembangan diri dilakukan secara kualitatif, tidak kuantitatif seperti halnya pada mata pelajaran.

Kegiatan pengembangan diri di SMP Negeri 1 Panjalu, meliputi:

  1. Bimbingan Karir (BK). Dilaksanakan sebagai bagian dari program pembelajaran dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran.
  2. Baca Tulis Alquran.
  3. Kesenian (Olah vokal, Seni rupa, seni tari, dan degung).
  4. Olah raga (Basket, voli bal, Sepak bola, pencak silat).


4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar dalam sistem paket digunakan oleh tingkat satuan pendidikan SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB baik kategori standar maupun mandiri, SMA/MA/SMALB /SMK/MAK kategori standar. Beban belajar dalam sistem kredit semester (SKS) dapat digunakan oleh SMP/MTs/SMPLB kategori mandiri, dan oleh SMA/MA/SMALB/SMK/MAK kategori standar.
Mengacu pada kriteria di atas, mengingat SMP Negeri 1 Panjalu termasuk pada kategori sekolah standar, maka beban belajar yang diatur di SMP Negeri 1 Panjalu menggunakan sistem paket yaitu sistem penyelenggaraan program pendidikan dimana peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku. Beban belajar setiap mata pelajaran pada sistem paket dinyatakan dalam satuan jam pembelajaran (jp). Satu jam pembelajaran berlangsung selama 40 menit. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
Pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun pelajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. SMP Negeri 1 Panjalu menambah tiga jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan, yakni untuk mulok bahasa Sunda 2 jam pelajaran, dan mulok tata boga 1 jam pelajaran. Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan tersebut mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi, di samping dimanfaatkan untuk mata pelajaran yang dianggap penting dan tidak terdapat di dalam struktur kurikulum yang tercantum di dalam Standar Isi.
Penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur di SMP Negeri 1 Panjalu adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh masing-masing guru mata pelajaran untuk mencapai standar kompetensi siswa. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mata pelajaran, yakni di antara rentang 0% - 50%, secara umum, satu paket mata pelajaran terdiri atas: 40 menit tatap muka, 20 menit kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi.
Alokasi waktu untuk tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk SMP Negeri 1 Panjalu yang menggunakan sistem paket.


5. Ketuntasan Belajar
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) per mata pelajaran yang ditetapkan oleh SMP Negeri 1 Panjalu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut;
Ketuntasan belajar untuk setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Batas kriteria ideal ketuntasan minimum untuk masing-masing indikator 75%. SMPN 1 Panjalu menetapkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) per mata pelajaran dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. SMPN 1 Panjalu senantiasa meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara bertahap untuk mencapai kriteria ketuntasan maksimal 100%.